Waspada Banjir dan Longsor
    IND | ENG

Waspada Banjir dan Longsor

By : Hana 23 Oktober 2007 News Categori : Berita

Selasa, 23 Oktober 2007 06:31:10

Waspada Banjir dan Longsor

Kategori: Sumut-NAD (25 kali dibaca)

PADANG - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Tabing mencatat, akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi di wilayah Sumbar. Kondisi itu diperparah dengan angin yang cukup kencang di kawasan, seperti di Lubukbasung, Pasaman Barat, dan Pariaman.

Beberapa hari ke depan, khususnya di daerah pesisir pantai Sumbar, diprediksikan hujan lebat disertai banjir bakal terjadi. Bahkan, mungkin itu bisa menimbulkan bencana tanah longsor.

Staf analisis dan Ramalan Cuaca BMG Tabing Muhammad Fadli ketika ditemui Padang Ekspres (Grup Jawa Pos) Senin (22/10) mengatakan bahwa kondisi tersebut hampir terjadi di seluruh daerah di Sumbar.

Sementara, untuk daerah tetangga, seperti Pekanbaru (Riau), pengendara sepeda motor harus mewaspadai daerah rawan longsor, khususnya Kelok Sembilan. Untuk daerah Jambi, kondisi cuaca cukup bersahabat bagi pengendara sepeda motor.

Hujan lebat yang berpotensi banjir itu akan disertai pula dengan kecepatan angin di atas normal, yaitu hingga mencapai 25 km/jam. Khususnya di daerah Lubukbasung, Pasaman Barat, dan Pariaman. Peristiwa tersebut akan terjadi terutama pada sore dan malam hari.

Karena itu, BMG menyarankan agar seluruh pengendara sepeda motor dapat meningkatkan kewaspadaan dalam perjalanan.((cr8/jpnn))

 

Sumber: jawa pos

© Airputih.or.id. All rights reserved.