Surabaya Berpotensi Hujan Deras dan Puting Beliung
    IND | ENG

Surabaya Berpotensi Hujan Deras dan Puting Beliung

By : Hana 12 Desember 2006 News Categori : Berita

Selasa, 12 Desember 2006 12:46:53

Ada Awan CB Berlapis-lapis

Surabaya Berpotensi Hujan Deras dan Puting Beliung

Kategori: Sidoarjo (188 kali dibaca)

 

Foto Citra Satelit kondisi awan CB hari ini berlapis-lapis di atas Laut Jawa.(Sumber: BMG Maritim Tanjung Perak, Surabaya)

Laporan Iping Supingah

ssnet| Kawasan Surabaya mulai sore hingga malam hari ini akan berpotensi hujan deras disertai guntur. Selain itu juga berpeluang terjadi puting beliung.

ARIF TRIYONO Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMG Maritim Tanjung Perak, Surabaya pada suarasurabaya.net, Selasa (12/12) menjelaskan di atas laut Jawa saat ini tumbuh awan Cumulunimbus (CB) tepatnya di perairan Bawean sampai Pulau Kangean. Ini sangat berpengaruh terhadap gelombang laut yang tingginya bisa mencapai 2,5 meter.

"Awan ini bergerak ke arah Timur menyebabkan pada sore hingga malam hari Jatim akan diguyur hujan dengan intensitas ringan sampai lebat. Daerah yang hujannya lebat di Pantura mulai Lamongan, Gresik, Surabaya, Probolinggo, Pasuruan dan Pulau Madura. Sedangkan curah hujan cukup ringan di Bojonegoro dan Kediri," papar ARIF.

Kata ARIF, khusus wilayah Surabaya intensitas hujan bisa lebih dari 10 mm/jam, ini termasuk golongan deras atau lebat. Diprediksi hujan akan mulai turun pukul 14.00 WIB sampai malam tapi sifatnya intermittent rain. "Kalau melihat Citra Satelit awan CB yang berlapis-lapis hujan akan disertai guntur terutama kawasan Utara Surabaya," ujarnya.

Suhu di Surabaya berkisar 24-33 derajat Celcius, kelembaban udara 60-85%, angin dari bertiup dari Barat kecepatan 10-45 km/jam.

Dijelaskan ARIF, sementara untuk kawasan Porong hari ini juga akan ikut terguyur hujan, tapi intensitasnya tidak sederas di Surabaya. Sifat hujan di Porong hanya ringan hingga sedang dengan intensitas 5-8 mm/jam.

Ditambahkan EKO PRASETYO Praktisi Cuaca dan Kelautan BMG Maritim Perak Surabaya pada suarasurabaya.net, awan CB umumnya disertai angin kencang yang kecepatannya mencapai 45 km/jam. Angin ini bisa dirasakan di daerah terbuka terutama di area persawahan, dan bertiup ke daerah bertekanan rendah. Awan-awan CB yang terakumulasi di beberapa titik dalam penginderaan citra satelit cenderung bertekanan rendah. Perlu waspada dan mencermati potensi angin puting beliung atau angin kencang yang akan bertiup di kawasan Jatim.

Daerah di Jatim yang cukup rawan terhadap angin puting beliung diantaranya Bojonegoro, Madiun, Tuban, Nganjuk, Kediri, Jombang, Mojokerto, Trenggalek, Blitar, Jember hingga Banyuwangi.

"Untuk kawasan Surabaya hari ini berpotensi terjadi puting beliung, ini bisa dilihat dari terakumulasinya awan CB hingga berlapis-lapis, dan di kawasan jalan Arif Rahman Hakim Surabaya menjelang pukul 12.30 tadi sempat bertiup angin kencang kecepatan mencapai 50 km/jam, tapi cuma sebentar," papar EKO PRASETYO.

Mengenai badai Utor ditambahkan ARIF TRIYONO, posisi sekarang ada di 14,1 derajat LU , 116,4 derajat BT bergerak ke barat dengan kecepatan 7 knots. Di pusat badai Utor kecepatan angin mencapai 200 km/jam.(-)

 

Sumber: Suara Surabaya

© Airputih.or.id. All rights reserved.