11 Titik Rawan Gempa
    IND | ENG

11 Titik Rawan Gempa

By : Hana 20 November 2006 News Categori : Berita

Jumat, 10 November 2006 15:27:37

Kota Batu

11 Titik Rawan Bencana

Kategori: Laporan (56 kali dibaca)

Menjelang musim hujan tahun ini, Pemkot Batu mulai melakukan sosialisasi pada masyarakat agar berhati-hati terhadap bencana. Beberapa daerah menurut analisa sementara memiliki potensi bencana cukup tinggi. 

Data kawasan rawan bencana mulai dihimpun Badan Kesatuan Bangsa dan Perlingungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Kota Batu. Hasil survei sementara Kesbanglinmas menunjukkan ada 11 titik yang dinyatakan rawan bencana. 
Kawasan rawan bencana itu berada di 11 desa yang ada yaitu Bumiaji, Sumberbrantas, Tulungrejo, Punten, Sumbergondo, Giripurno, Oro-oro Ombo, Sumberejo, Pesanggrahan, Tlekung, dan Torongrejo. Untuk mengantisipasi kerawanan bencana itu Kesbanglinmas menyiapkan tim Satkorlak yang terdiri petugas Linmas, TNI/Polri dan beberapa unit kerja terkait seperti SDAE, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan. 
Kepala Kesbanglinmas Kota Batu, Ashadi SH mengatakan, anggaran penangananan bencana itu sudah disiapkan di masing-masing unit kerja. "Warga Batu harus banyak belajar dari berbagai musibah yang terjadi akhir-akhir ini. Musim hujan itu membuat potensi bencana akan bertambah besar," katanya kepada Surya, Kamis (9/11). 
Dijelaskan, selaian rawan bencana pohon tumbang dan tanah longsor, bencana lain yang berpotensi terjadi di Batu adalah puting beliung seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. 
Segala kemungkinan itu, menurut Ashadi harus tetap diantisipasi, karena semua desa memiliki potensi bencana. "Selama warga mampu meningkatkan kehati-hatian maka korban bencana itu bisa diminimalisir. Kendati demikian, dana untuk menanggulangi bencana harus tetap dianggarkan," tegasnya.st25(henri)

 

Sumber: Koran Surya

© Airputih.or.id. All rights reserved.