|

Relawan di Desa Genggelang, Kabupaten Lombok Utara Bisa Berkomunikasi

By : Hana 10 Agustus 2018 News Categori : Berita

Kamis, 9 Agustus 2018 - Gempa susulan masih terus terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=6,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw=5,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,49 LS dan 116,19 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 km arah timur laut Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 16 km.

Tim ICTD AirPutih sudah berada di lokasi terdampak sejak tanggal 7/8/2018. Selanjutnya tim ICTD AirPutih melakukan survei pada Desa Genggelang terdapat 20 Dusun dengan total penduduk 14.500 jiwa. Desa Genggelang merupakan salah satu desa dengan kerusakan terparah ketika gempa 7 SR, daerah tersebut juga salah satu daerah yang listriknya padam total sehingga akses komunikasi disana sangat terganggu terutama untuk sinyal.

Para relawan yang sudah mendirikan posko dari AMP posko kesehatan (posko psikososial & posko Medis) tim relawan disana sangat kesulitan untuk komunikasi dengan posko nasional ditanjung, untuk mempermudah komunikasi tim relawan disana AirPutih bersama TSF melakukan pemasangan BGAN (WiFi satelit ).

Setelah pemasangan BGAN tersebut tim relawan (doktor) disana dapat berkomunikasi dengan posko nasional di tanjung tanpa terhambat sinyal seluler provider yang mati disana. 

© www.airputih.or.id. All rights reserved.