Pelatihan Linux Security Concept di ID-SIRTII
    IND | ENG

Pelatihan Linux Security Concept di ID-SIRTII

By : Hana 24 November 2014 News Categori : Open Source

DSC_0067 DSC_0058

Jakarta, 20-21 November 2014 AirPutih mengadakan pelatihan "Linux Security Concept" bagi mahasiswa/i di Laboratorium ID-SIRTII. Tujuan diadakan pelatihan ini supaya mahasiswa/i lebih memahami tentang Konsep Keamanan Linux. Kegiatan dimulai dari pukul 09:00 – 17:00 WIB, Materi yang diberikan mulai dari cara menginstall BlankOn sampai pengamanan SSh. Peserta pelatihan kurang lebih 15 mahasiswa/i yang masing-masing berasal dari Universitas yang berbeda.

Pelatihan hari pertama membahas tentang bagaimana cara menginstall BlankOn. Dalam pelatihan ini peserta diberikan materi tentang sejarah BlankOn, apa itu BlankOn, serta hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika menginstall BlankOn pada komputer.

Pelatihan hari kedua membahas tentang apa itu Secure Shell (SSh), cara menginstall SSh server, konfigurasi SSh, manfaat SSh, cara membuat kunci publik, IP Tables dan bagaimana menjalankan daeman.  Tujuannya agar peserta dapat mengerti dan memahami pemanfaatan dan pengamanan Secure Shell (SSh).

Dalam penggunaan SSh ini hanya beberapa aplikasi yang mungkin membutuhkan fitur-fitur yang hanya tersedia atau yang kompatibel dengan klien atau server Secure Shell (SSh) yang spesifik. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin secara remote. Bentuk akses remote yang bisa diperoleh adalah akses pada mode teks maupun mode grafis apabila konfigurasinya mengijinkan.

Materi ini sangat penting karena dengan menggunakan SSH, semua percakapan antara server dan klien di-enkripsi. Artinya, apabila percakapan tersebut disadap, penyadap tidak mungkin memahami isinya. Bayangkan jika anda sedang melakukan maintenance server dari jauh, tentunya dengan account yang mempunyai hak khusus, tanpa sepengetahuan anda, account dan password tersebut disadap orang lain, kemudian server anda diobrak-abrik setelahnya.

Hadir sebagai pembicara adalah Estu Fardani salah satu pengembang Linux di indonesia, dan Agung Riyadi selaku Direktur Eksekutive dari AirPutih. Kedua pembicara menceritakan pengalaman pribadinya sebagai pengembang BlankOn.

© Airputih.or.id. All rights reserved.