Kawasan Utara Pulau Adonara Rentan Longsor
    IND | ENG

Kawasan Utara Pulau Adonara Rentan Longsor

By : Hana 16 April 2008 News Categori : Berita

Rabu, 16 April 2008 07:28:41

ANCAMAN BENCANA

Kawasan Utara Pulau Adonara Rentan Longsor

Kategori: Banjir - Tanah Longsor (26 kali dibaca)

Larantuka, Kompas - Kawasan utara Pulau Adonara, termasuk Desa Kolilanang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, rentan longsor. Lapisan tanahnya mengandung batu apung dengan kemiringan tajam.

Demikian Wakil Bupati Flores Timur Joseph Lagadoni Herin, Selasa (15/4) di Larantuka, mengutip laporan tim ahli Institut Teknologi Nasional Malang (ITN) yang meneliti tanah longsor di Desa Kolilanang pekan lalu. Tim terdiri atas geolog, Ir Setyo Adiwidjono, dan ahli geoteknik, Ir Eding Iskak Imananto, dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ITN.

Menurut tim, morfologi daerah longsoran di Desa Kolilanang berupa medan berbukit dengan elevasi 449 meter. Longsor terjadi di batas Desa Tika Tukan dengan kemiringan lereng 25 derajat.

Tanah longsor akibat hujan deras turun selama dua pekan pada bulan lalu. Luas lahan permukiman dan perkebunan yang terkena ada tiga hektar. Selain itu, longsor merusak empat rumah dan pemakaman umum.

Tim ITN merekomendasikan pembuatan pematang batu di lereng, perbaikan wilayah utara Adonara, dan membangun cek dam di Koli Petung.

Relokasi

Bencana longsor yang kembali terjadi di Kabupaten Bandung Barat, Senin, mengakibatkan tujuh rumah di Kampung Sirnagalih, Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, terancam terkena longsor susulan sehingga perlu segera direlokasi. Hal itu dikemukakan Kepala Desa Mukapayung Taopikurohman.

Menurut Eka Permana, warga yang rumahnya terancam, Selasa, longsor terjadi dua kali setelah turun hujan deras. Tanah longsor sepanjang 50 meter dengan lebar 5 meter. Longsoran mengubah kemiringan tanah dari 30 derajat menjadi 70 derajat. ”Tadinya jarak tebing dengan rumah saya sekitar lima meter. Sekarang jarak rumah dengan tebing kurang dari satu meter,” katanya. Hal yang sama dikatakan Kepala Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pendidikan Islam Indonesia Cililin Effendi Sopandi Yakub.

Kabupaten Bandung Barat tergolong daerah rawan longsor karena kontur daerahnya curam dan bertebing.((KOR/CHE))

 

Sumber: kompas

© Airputih.or.id. All rights reserved.