|

Aliran Sungai di Desa Kobobona Tersumbat Pohon, Lumpur dan Kayu

By : Hana 10 Oktober 2018 News Categori : Respon Bencana Gempa Palu

Bencana gempabumi dan tsunami yang terjadi di Provinsi Sulawesi Tengah pada Jum'at 28 September 2018 lalu tidak hanya menyebabkan kerusakan di Kota Palu dan Kabupaten Donggala. Tapi juga Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong yang terdampak gempa.

Salah satu Desa di Kabupaten Sigi tepatnya Desa Kobobona, Kecamatan Dolo, dengan titik koordinat 00’58.1885’S . 119’52.948’E kondisi di lokasi masih sangat mengkhawatirkan. Beberapa rumah di Desa terkena luapan lumpur dan sampah (pohon,kayu, seng,dll) dari aliran sungai yang alirannya dari Desa Jono Oge, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Jarak antara Desa Jono Oge dengan Desa Kobobona kurang lebih sekitar 5 km.

Selain rumah yang terkena luapan lumpur, aliran sungai di Desa tersebut menjadi tersumbat, karena banyaknya sampah, pohon, lumpur serta kayu-kayu. Menurut warga setempat sembari menunggu alat berat datang dan bantuan untuk membersihkan aliran sungai yang tersumbat, warga mulai membersihkan rumahnya sedikit demi sedikit dari lumpur yang masuk ke dalam rumahnya.

 

Dilaporkan oleh : Muhammad Debi Sani

Waktu & Tanggal Assessment : 17:45 / 9 Oktober 2018

 

 

 

© www.airputih.or.id. All rights reserved.